Friday, September 21, 2007

~...TEMASYA KE SURGA...~

(Ringkasan Hadil Arwaah Ila BiladilAfraah, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)

"Penghuni surga juga memilikikendaraan berupa kuda dari mutiarayakut atau apa saja yangdiinginkannya. Mereka salingberkunjung (Ash-Shafat: 50-57),penduduk surga kelas atas berkunjungke surga kelas bawah. Tapi penduduksurga kelas bawah tidak dapatberkunjung ke surga kelas atas,kecuali mereka yang saling mencintaikarena Allah. Jika mereka salingrindu, mendekatlah ranjang-ranjangmereka dan bertemu bernostalgia.Bahasa mereka adalah bahasa Arab.Setiap hari Jum’at diselenggarakanpasar gratis, mereka pulang kerumahnya masing-masing membawa apasaja yang diinginkannya. "

Kewujudan SurgaSurga itu ada. Diterangkan dengan sangat jelas dalam beberapa keteranganAl-Qur’an dan hadits Nabi yangsemuanya harus kita imani. GolonganQadariyah dan kalangan Mu’tazilahberanggapan bahwa surga barudiciptakan kelak di hari akhirat. Iniadalah pendapat yang nyeleneh. MenurutAhlu Sunnah surga itu telah diciptakanoleh Allah dengan alasan-alasanberikut ini:Dalam perjalanan mi’raj Nabi melihatsurga (QS. An-Najm: 13-15)Dalam beberapa hadits disebutkan bahwaAllah memperlihatkan tempat duduk ahlisurga atau ahli neraka saat di alambarzah; ruh orang mu’min dimasukkan kedalam surga berwujud burung yangbertengger di pohon surga; Jibrildisuruh melihat surga, dll.Pintu SurgaKeberadaan pintu gerbang surgadisebutkan oleh Allah dalam surat Az-Zumar ayat 73. Sedangkan dalam haditsdisebutkan bahwa luas pintu surga itubaina Makkata wa Hajaro au Hajaro waMakkata, seperti jauhnya Makkah keHajar (kurang lebih 1160 km). Namunkelak akan berdesak-desakan manusiadidepannya. Kunci pembuka pintu surgaadalah kalimat syahadah. Jalan menujupadanya hanya satu yakni Islam (QS. Al-An’am: 153).

Walid bin Muslim dari Khalid dariHasan menyampaikan bahwa pintu-pintudi surga itu transparan bagiandalamnya terlihat luar dan bagianluarnya terlihat dari dalam (lihat QS.Shaad: 50). Ia bisa diajak bicara,artinya bisa menutup dan membukasesuai keinginan penghuninya.Dimanakah Surga?Di dalam hadits disebutkan bahwa surgaitu berada di langit, tempat yangsangat tinggi. Terdiri dari 100tingkat, setiap 2 tingkat jauhnyaseperti langit dan bumi. Dan surgayang tertinggi adalah surga Firdaus.Tapi ada satu tempat yang lebih tinggidan diperuntukkan bagi satu orangsaja, tempat itu disebut Al-Wasilah.Nabi sangat berharap bahwa beliaulahyang akan menempatinya.Nama-nama SurgaSurga itu bermacam-macam, nama-namanyadisebutkan dalam Al-Qur’an diantaranyaadalah: Al-Jannah, Darussalam (negerisejahtera), Darul Khuldi (negerikekal), Darul Muqamah (tempatkediaman), Jannatul Ma’wa (tempattinggal), Adn, dll.

Orang yang pertama mengetuk pintuSurgaMuhammad saw adalah orang yang pertamakali mengetuk pintu surga, dan umatbeliaulah yang akan pertama kalimemasukinya. Ada 70.000 orang yangakan memasukinya tanpa hisab, wajahnyabagaikan rembulan, mereka masuk denganbergandeng tangan. Siapakah mereka?Mereka adalah orang-orang yang murniketauhidannya dan senantiasabertawakkal kepada Allah.Allah melimpahkan keistimewaan kepadamereka, bahwa setiap 1000 orang darimereka dapat menyelamatkan 70.000orang dari neraka, ditambah tigacidukan Allah azza wa jalla.Subhanallah wallahu akbar.Gambaran SurgaTanah dan lumpur surga terbuat darizafaran, berupa tepung putih beraromakesturi dan sangat bersih. Cahayasurga itu berwarna putih, bersinarterang, aromanya semerbak. Disanaterdapat gedung megah dan sungai-sungai yang mengalir. Ada istri-istriyang cantik jelita, perhiasan-perhiasan yang banyak, tanaman-tanaman, berbagai macam kesenangan dankenikmatan di tempat yang tinggi.Siapkah Anda memasukinya?Katakan: “Insya Allah”.Di surga terdapat Ghuraf yaknibangunan transfaran yang tinggi,diberikan bagi mereka yang baikucapannya, suka memberi makan,berpuasa dan shalat malam. Jugadiberikan kepada orang-orang yangmembangun masjid dan tabah menghadapiujian dan kesedihan.Setiap mu’min mengenal tempattinggalnya di surga walaupun ia belumpernah melihat sebelumnya. Kondisifisik orang mu’min ketika memasukisurga itu mirip Adam, tingginya 60hasta, berambut pendek, belumberjenggot, dan matanya bercelak.Tampilannya bagaikan orang berusiasekitar 30 tahun. Allah menjadikannyaseperti itu walaupun ia mati dalamkeadaan anak-anak atau pun tua renta.Hidangan pertama penduduk surga adalahsekerat daging dari hati ikan paus danminumannya adalah salsabila. Setelahitu mereka makan daging sapi jantan.

Menurut riwayat dari Nabi, aroma surgabisa dicium dari jarak 100 tahun. Tapibagi orang-orang yang membunuh ahlidzimmah, anak-anak durhaka, pemutushubungan, dan mereka yang menasabkandirinya pada orang lain, tertutupbaginya dari mencium aroma surgatersebut. Naudzubillah…Di surga terdapat pohon Thalhu, bidarayang durinya diganti dengan munculnyabuah-buahan yang 1 butirnya memiliki70 rasa yang berbeda. Ada juga pohonThuba (QS. Waqi’ah: 31) yangnaungannya sejauh perjalanan selama100 tahun. Dari kelopak bunga pohoninilah pakaian ahli surga berasal.Buah-buahan surga itu beraneka ragamlayaknya buah-buahan di dunia (QS. Al-Baqarah: 25). Bahkan sabda Nabimenyebutkan bahwa buah-buahan duniasebenarnya berasal dari surga, hanyasaja ia berubah sedangkan buah-buahandi surga tidak berubah sama sekali.Penduduk surga minum dari sungai-sungai di surga yang hulunya adalahdari surga Firdaus. Buah-buahannyadekat tersaji, mereka mendapatkan apasaja yang diinginkannya. Jika merekamelihat ke arah burung surga dentertarik kepadanya, maka dengan segeraburung itu jatuh ke hadapannya dalamkondisi masak dan siap dimakan.Sementara itu 70 piring beragam corakyang berbeda antara satu dengan yanglainnya telah disiapkan. Mereka jugaminum dari sungai al-kautsar yangairnya lebih putih dari susu dan lebihmanis dari madu. Ia adalah minumancampuran jahe.Tapi, meskipun makan dan minumpenduduk surga itu tidak buang kotoranatau kencing. Makanan dan minumannyadikeluarkan melalui keringat dansendawanya yang harum.Pakaian ahli surga adalah sundus danistabraq (sutra bulu halus dan tebal),keluar dari kelopak bunga pohon Thubadan warnanya bermacam-macam, putih,merah, hijau, kuning, dan hitam.Mereka memakai gelang emas dan perak,mahkota intan berlian yang mutiaranyaadalah yakut. Jika manusia di duniaini melihat pakaian-pakaian tersebut,tentu mereka pingsan karena tidaktahan melihatnya.Kasur mereka tebal dan empuk. Tempatmereka tinggal berhamparkan permadaniyang sangat indah. Ada kemah yangtingginya hingga 60 mil dan setiapsudutnya terdapat istri-istrinya, adaranjang berderetan yang berhias, bisamerendah ataupun menaik. Tapi ranjangini bukanlah untuk tidur, karena disurga itu tidak ada tidur sebagaimanadikatakan Nabi: “Tidur itu adalahsaudara kematian. Ahli surga tidaklahtidur”. Bagi mereka disediakan sofa al-arikah, yakni sofa pengantin yangdipaduakan dengan ranjang yangberhias. Di dalamnya mereka dilayanioleh pelayan-pelayan yang senantiasamuda.Isteri-isteri penghuni surga itumuthahharah, yakni bersih dari haid,ingus, ludah, najis, dan tinja. Merekadisebut al-hur karena senantiasa muda,cantik, kulitnya mulus, bagian hitammatanya sangat hitam dan bagianputihnya sangat putih. Mereka tidakpernah digauli oleh siapapunsebelumnya, dipingit dan selaluperawan. Mereka disebut uruban karenaselain cantik juga amat pandaiberkomunikasi dan pandai memberikankepuasan seksual kepada suaminya.Mereka disebut kawaaiba karena—maaf—amat montok payudaranya.

Demikiandisebutkan Nabi. Dan disebut huuruniin karena putih kulitnya bagaimutiara. Badan mereka transparanbagaikan yakut. Kamar mereka darimutiara yakut dan ranjangnya dihiasdengan mutiara lu’lu. Mereka tidakpernah bosan melakukan jima’. Lelakisurga tak pernah ‘loyo’ dan wanitasurga tak pernah ‘sakit’. Kekuatanmereka dalam berjima’ adalah 100 kalilipat. Disebutkan oleh Nabi bahwa laki-laki penghuni surga itu dapat berjima’dengan 100 perawan dalam satu petang.Mereka tidak pernah lemas, syahwatnyatidak padam dan farji wanita surgatidak pernah tertutup. Di surga bisajuga terjadi kehamilan jika merekamenghendakinya. Tapi kehamilan,menyusui dan tumbuh berkembangnya ituterjadi dalam sesaat.Ahli surga diberi 2 orang istri dariwanita dunia dan 70 orang istri dariwanita surga. Tapi wanita dunia itulebih baik dari wanita surgadisebabkan ibadahnya ketika di dunia.Di akhirat nanti wanita yang ketika didunia pernah memiliki lebih dari 1suami, boleh memilih mana yangmenurutnya terbaik.Di surga itu ada nyanyian (QS. Rum:15).

Menurut Yahya bin Abu Katsir al-habrah dalam ayat tersebut berartipaduan suara yang merdu. Bukan hanyaitu, pohon-pohonan dan gesekan ranting-rantingnya pun menimbulkan suara-suarayang indah. Juga nyanyian bidadariuntuk suaminya. Ada pula suara tasbihpara malaikat yang demikian merdu.Penghuni surga juga memiliki kendaraanberupa kuda dari mutiara yakut atauapa saja yang diinginkannya. Merekasaling berkunjung (Ash-Shafat: 50-57),penduduk surga kelas atas berkunjungke surga kelas bawah. Tapi penduduksurga kelas bawah tidak dapatberkunjung ke surga kelas atas,kecuali mereka yang saling mencintaikarena Allah. Jika mereka salingrindu, mendekatlah ranjang-ranjangmereka dan bertemu bernostalgia.Bahasa mereka adalah bahasa Arab.Setiap hari Jum’at diselenggarakanpasar gratis, mereka pulang kerumahnya masing-masing membawa apasaja yang diinginkannya.Di surga ada juga kenaikan tingkat,yakni bagi mereka yang didoakan olehanak-anaknya ketika di dunia. Merekadipertemukan dan dikumpulkan olehAllah (QS. At-Thur: 21) walaupun tidaksama derajatnya.

Begitulah gambaran sekilas tentangsurga berdasarkan kabar yangdisampaikan Nabi Muhammad saw.Untuk siapakah kabar gembira ini?

1. Orang yang beriman dan beramalshalih (QS. 2: 25)
2. Wali-wali Allah, orang-orangyang beriman dan bertakwa (QS.Yunus:62-64)
3. Orang yang istiqamah dalammenghamba (QS. Fushilat: 30)
4. Pengikut kebaikan (QS. Az-Zumar: 17-18)
5. Orang yang beriman, berhijrahdan berjihad (QS. At-Taubah: 20-21)
6. Orang yang mengindahkanperingatan Allah (QS. Yasin: 11)
7. Mu’min (QS. Al-Ahzab: 45-47)
8. Syuhada (Ali Imran: 169)
9. Orang yang berjual beli denganAllah (QS. At-Taubah: 111)
10. Orang yang sabar (QS. Al-Baqarah:155-157)
11. Orang yang khusyu dalam shalat,menjauhi hal yang sia-sia, muzaki,menjaga farji, amanah (QS. Al-Mu’minun: 1-11)
12. Muslim-muslimah yang taat, jujur,sabar, khusyu, bershadaqah, berpuasa,menjaga farj, rajin berdzikir (QS. Al-Ahzab: 35)
13. Orang yang bertaubat, memujiAllah, melawat, sujud, amar ma’rufnahi munkar, memelihara hokum-hukumAllah (QS. At-Taubah: 112)
14. Orang yang berinfaq saatlapang/sempit, menahan amarah, pemaaf,istighfar (QS. Ali Imran: 133-136).
15. Beriman dan berjihad (QS. Ash-Shaf: 10-13)
16. Orang yang takut kepada Allah(QS. Ar-Rahman: 46)
17. Orang yang menahan hawa nafsu(QS. An-Naziat: 40-41)Kesimpulannya, kabar gembira iniadalah bagi mereka yang beriman,bertakwa, dan beramal ikhlas sesuaipetunjuk Rasulullah saw.Allaahumma innaa nas’aluka ridhookawal jannah, wa na’uudzubika minsakhootika wa-nnaar…Yaa Allah kamimemohon keridhoan-Mu dan surga, dankami berlindung dari murka-Mu danneraka…Amin.

(Diringkas dan disajikan oleh M. IndraKurniawan, S. Ag)

.:.sumber: al-ahkam.net.:.

No comments: